Manfaat & Khasiat Jeruk Nipis Lengkap

by Bapak Pintar , at Senin, November 19, 2012 , have 43 comments
Manfaat & Khasiat Jeruk Nipis Lengkap - Jeruk nipis adalah buah berwarna hijau kecil tapi mempunyai banyak khasiatnya sobat Aan semua, coba teman-teman baca tips Manfaat & Khasiat Jeruk Nipis Lengkap. Kandungan yang terdapat pada jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool, juga ada flavonoid, poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Dan jika buahnya masak jeruk nipis memiliki kandungan methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal.

Manfaat Jeruk Nipis
Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan :
a Memperlancar Pencernaan
Serat di dalam jeruk nipis juga dapat membantu meringankan sembelit. Karena kadungan asamnya yang cukup tinggi dengan ditambah sedikit garam mampu memperlancar pencernaan. Itulah alasan mengapa banyak obat sembelit yang mengandung extrakjeruk nipis.

b.Perawatan Mata
Manfaat vitamin C bersifat anti oksidan yang mampu melindungi mata dari penuaan dan degenerasi. Selain itu kandungan flavonoid juga mampu membantu melindungi mataa dari infeksi.

2. Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan :
a. Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah
Beberapa manfaat jeruk nipis untuk wajah antara lain membuat kulit wajah lebih halus, lebih putih secara alami, mempercantik kulit dan bermanfaat merapatkan pori – pori. Untuk memperoleh manfaat jeruk nipis bagi wajah Anda resepnya adalah Sediakan jeruk nipis yang masih segar, lalu belah menjadi dua bagian. Lalu usapkan daging jeruk nipis ke kulit wajah, hidung, dan pipi yang memiliki pori-pori besar. Usapkan pula daging jeruk nipis tersebut ke bagian wajah yang kasar dan kusam. Dengan melakukan ini secara rutin, Insya Alloh wajah Anda akan lebih halus, putih, dan memiliki pori-pori yang rapat.

b. Manfaat Jeruk Nipis untuk kuku
Jeruk nipis dapat membuat kuku bersih dan cemerlang: Anda dapat menggunakan air perasan jeruk nipis untuk membersihkan dan menggosok kuku Anda yang kusam.


c. Manfaat Jeruk Nipis untuk Jerawat
Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah untuk mengatasi jerawat yang tumbuh di wajah. Anda dapat menggunakan air perasan jeruk nipis dan madu sebagai masker. Air perasan jeruk nipis dapat mengurangi minyak pada wajah, sedangkan kandungan antiseptik yang terdapat pada madu dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.


d. Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Rambut :
Untuk jenis rambut berminyak yang biasanya cepat kotor, cucilah dengan air hangat yang telah dicampur perasan air jeruk nipis. Hasilnya selain tak cepat kotor, rambut akan menjadi lebih halus dan lembut kemilau.
Untuk menghilangkan ketombe gunakan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala. Biarkan kering selama 20 sampai 30 menit, lalu dikeramas. Lakukan dua sampai tiga kali.
Rambut Berkilau
Agar rambut berkilau dan mudah diatur, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut Anda dengan shampo seperti biasa dan lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.
Mencegah rambut rontok atau berketombe. Yakni dengan dua jeruk dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya dan lakukan 3 kali seminggu.
jeruk nipis

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis

Khasiat Jeruk Nipis:
1. Ambeien
Sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

2. Amandel
Kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.

3. Anyang-anyangan
Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.

4. Batuk
Satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 _ sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.

5. Batuk disertai Influenza
Potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

6. Bau Badan
Cara 1:
Potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan ke ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lalukan tiap pagi dan sore.

Cara 2:
Beberapa helai (10) daun muda jeruk nipis ditumbuk sampai halus, dilumatkan, pulung kecil-kecil seperti pil, makan 3 kali sehari.

7. Batu Ginjal
Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

8. Difteri
Dua jeruk nipis dicuci, diperas airnya. Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

9. Demam atau Flu
Cara 1:
Satu jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.

Cara 2:
Satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.

10. Haid Tidak Teratur
Tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari

11. Sehabis Melahirkan
Satu sendok makan kapur sirih ditambah 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir perasan jeruk nipis kampung, diaduk sampai rata, balurkan pada perut. Lakukan selama 3 bulan tiap hari sehabis mandi, agar perut terhindar dari keriput, tetap halus dan kempis seperti sediakala.

12. Jerawat
Satu jeruk nipis diiris kemudian digosokkan pada kulit wajah. [Manfaat & Khasiat Jeruk Nipis Lengkap]

13. Mencegah Rambut Rontok atau Berketombe
Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.

14. Melebatkan Rambut
Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung sampai rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat. Sampo merang dibuat dari 1 ikat merang, dibakar sampai menjadi arang, bukan abu, rendam dalam air dan biarkan semalaman. Saring, dan sampo merang siap untuk keramas.

15. Menghentikan Kebiasaan Merokok
Iris 1 jeruk nipis, isap lalu minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

16. Vertigo
Setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.

17. Radang Tenggorokan
Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

18. Lendir di Tenggorokan
Potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya, tampung di gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk sampai rata. Ramuan ini dapat diminum pada saat perut kosong.

19. Kurap atau Panu
Cuci 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) sampai bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari sampai sembuh.

20. Demam/Panas Saat Malaria
Sediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd.) (Blumea balsamifera L.) , dan 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringan tersebut dibagi dua, diminum pagi dan sore.

21. Terkilir
Tiga Buah jeruk nipis masak dan banyak airnya dibelah menjadi dua. Masukkan ke dalam poci lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah dingin diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini dipakai untuk mengurut bagian yang cedera. Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

22. Pegal Linu
Cuci daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit. [Manfaat & Khasiat Jeruk Nipis]

23. Sakit Gigi
Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali sehari.

24. Melangsingkan Badan
Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari.

25. Menambah Stamina
Campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu.

26. Tekanan Darah Tinggi
Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.

Tapi berdasarkan pengalaman saya sebagai penulis, jika teman-teman yang berjerawat ingin mencoba keampuhan herbal atau alami jeruk nipis maka sebaiknya di pertimbangkan dulu karena berdasarkan pengalaman saya bahwa jeruk nipis di kulit yang agak terluka sedikit itu perih. Tapi juga perlu proses, gak dalam satu hari jerawat teman-teman langsung hilang atau sembuh.

Sekian dulu pengalaman saya setelah membaca Manfaat & Khasiat Jeruk Nipis Lengkap dari berbagai sumber di internet yang saya rangkum kemudian kemudian saya share lagi setelah saya melakukan dari sebagian tips di atas.
Bapak Pintar
Manfaat & Khasiat Jeruk Nipis Lengkap - written by Bapak Pintar , published at Senin, November 19, 2012, categorized as Tips . And have 43 comments
43 comments Add a comment
azmi
Walau tentang jeruk, tapi ini sangat bermanfaat terutama bagi saya sebagai penulis artikel kesehatan di blog. terima kasih atas info herbalnya mas, salam kenal.
Reply Delete
Kendalsari
Gan, Resep no 6 ketika dioleskan di ketiak apa tidak pedih?
Saya bau badan tetapi takut nanti pedih di ketiak.
terima kasih.
Reply Delete
Sonna Anggoro
Dear Kendalsari, saya bukan pembuat postingan ini, tapi saya pernah mencoba mengoleskan di ketiak (bahkan sampai hari ini). Rasanya tidak pedih (kecuali kulit ketiak luka karena pencabutan bulu ketiak).
Reply Delete
Zepa Oktaviani
mkasih buat informasi tntang ini sangat bermanfaat untuk saya...
Reply Delete
kamal
bener gan jeruk nipis banyak manfaatnya dah gw manfaatin buat membersihkan wajah, jadi lebih putih alami bersih memperhalus mencerahkan, dari pada beli prodah pasaran jeruk nipis jauh lebih bagus
Reply Delete
Berbagi Info
Untuk obat ambien, jeruknya boleh dikasih gula apa tidak biar ngga asam gitu loh! Saya tidak suka rasa asam soalnya!
Reply Delete
Cheap Hosting
Wah infonya keren juga sob, Makasih yach
Reply Delete
obat lemah syahwat no 1

salam indonesia, good luck trs buat semua y dan

artikelnya lumayan bagus dan sangat bagus infonya keren

baget
Reply Delete
jalan menuju sehat
bagus dan sabgat berman faat sekali infonya
Reply Delete
doedoenk fals
makasih atas info nya.....sukses slalu...share ya
Reply Delete
Anonim
Info yang menarik. Cukup lengkap juga. Terima kasih banyak.
Reply Delete
Danil Canon
izin copas y gan untuk blog ane :)
Reply Delete
kelin hanggaswari
udah cobain yg bt jerawat, lumayan mengurangi jerawar plus nodanya, tp hrs rutin perawatan jeruk nipisnyaa :)
Reply Delete
Anonim
klo pake jeruk nipis yang udah 1 hari di kulkas bisa apa gk yah kk ???
mohon jhawabannya dund.......
Anonim
Bisa ko, aku pernah nyoba. Asalkan si jeruk nipis tsb msh bagus kandungan airnya. Jgn yg udh keriput
Reply Delete
Obat Mata Minus
Artikelnya bagus sekali kak... thanks infonya
Reply Delete
Obat Jerawat Herbal
apakah penggunaan yang terlalu sering tidak akan berefek pada keseharian kita kak???
Reply Delete
Anonim
Love it... Bagus isinya
Dan bbrpa udh pernah aku coba. Syg'y aku ga bsa rutin, jd hasilnya ga max deh
Tq @yayank_fitri
Reply Delete
Anonim
trims infonya,hampir setiap hari tak terlewatkan minum air jeruk nipis,tp klw dicampur gula putih khasiatnya ga ilang kan,apalagi plus madu,enaak......
Reply Delete
Bisnis Dan Dakwah
Mkasih yaaa sharingnya...sangat bermanfaat buangetz :D

kalau sempat kunjungin juga BLOG aku yaa...di http://aisyahmutiarabisnis.blogspot.com

Semangat berkreasi selalu...


Salam,

Merry Maria
Reply Delete
trik-tips-sehat
Mant ap nice share sundul gan :)
Reply Delete
Veronica Apriani
aku juga pake jeruk nipis + putih telur buat perawatan muka. Tapi klo di muka kita ada luka klo kena jeruk nipis perihhhhhhhhhhh banget. Tapi manfaatnya WAW mantep , muka makin halus+putih & biar muka kenceng pake putih telur. Emang lebih mantep pake yg alami deh:)
Reply Delete
mus de
makasih gan. perlu diboba ne. karena ane lagi butuh amat ne..
Reply Delete
Anonim
Jeruk Nipis is The Best
Reply Delete
Dunia Internet
Makasih banyak mas gan infonya, artikelnya bagus dan selain itu juga bermanfaat buat pembaca seperti saya :D
Reply Delete
Mahsus khair
Sangat bermanfaat ini gan. perlu dicoba
Reply Delete
Cara Menyembuhkan Penyakit Kolesterol Secara Tradisional
Terimakasih banyak atas informasinya..!
salam kenal dan semoga sukses. . .
Reply Delete
Info Sehat Kita
Info Sehat Kita, artikle yang menginspirasi saya bro
Reply Delete
Obat Tradisional
Dari berbagai sumber yang saya baca ternyata jeruk nipis mengandung banyak manfaat alami berkhasiat obat
Reply Delete
Cara Menyembuhkan Penyakit Keloid Secara Tradisional
Terimakasih banyak atas informasinya..!
salam kenal dan semoga sukses...
Reply Delete
Info herbal
Jeruk nipis memang oke punya.
Reply Delete
Obat Herbal Alami
Memang jeruk nipis itu banyak khasiatnya,,!
salam kunjung,,,
Reply Delete
ribut ariadi
Thank you for your very nice article, do not forget to read my articles also kata kata bijak, kata kata cinta, kata kata romantis, kata kata motivasi, Kata Kata Galau, kata kata indah, Kata Kata Lucu, Kata Kata Motivasi, Kata Kata Romantis, status fb romantis, Status Fb Lucu and many other interesting articles on my blog that.
Reply Delete
Basri Abdullah
Tipsnya lengkap banget seperti jamu komplit sobat :) salam kenal
Reply Delete
cara mengobati maag
bagus juga ini infonya,,,
makasih bermanfaat!
Reply Delete
Obat Alami dan Tradisional Penyakit Diabetes Mellitus
Jeruk Nipis memang kaya akan manfaat bagi kesehatan, sebaiknya ditanam di pekarangan rumah, agar selalu tersedia setiap saat.
Reply Delete
wardah
artikelnya sangat bermanfaat sekali, memang kalu jeruk nipis itu sangat lengkap khasiatnya, selain untuk menambah daya tahan tubuh juga bisa mengatasi jerawat
Reply Delete
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Blog Mas Aan by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger