Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar

by Pandu Group , at 6:34:00 AM , have 2 komentar
Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar - Inilah artikel mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar. Di sini ada pengertian, format, pedoman, dan cara penggunaan bahasa di dalam Surat Lamaran Kerja agar menjadi baik dan benar sesuai standart.
Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar

A. Pengertian Surat Lamaran Kerja
Surat lamaran kerja atau job application letter adalah surat yang didefenisikan sebagai sebuah surat, baik yang ditulis pada lembaran kertas dan juga ditulis dengan menggunakan kerta elektronik dan dibuat oleh seseorang yang sedang mencari kerja, baik yang belum pernah bekerja mapun yang sudah pernah berkerja untuk mengisi lowongan kerja yang ditawarkan oleh pihak lain, baik perseorangan, organisasi perusahaan, atau instalasi pemerintah.

Adapun seseorang yang disebut sebagai pencari kerja yang belum pernah bekerja adalah orang yang baru lulus dari suatu lembaga pendidikan dan baru pertama sekali memasuki dunia kerja. Sementara pencari kerja yang sudah bekerja adalah orang yang sudah mempunyai pengalaman kerja dan ingin mencari pengalaman berbeda di suatu lembaga bisnis atau non bisnis yang lain.

B. Format Penulisan Surat Lamaran Kerja

Dalam penulisan surat lamaran kerja perlu diketahui bagaimana format penulisannya yang benar. Penulisan format surat lamaran kerja yang benar dapat dilihat seperti penjelasan dibawah ini:

1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
2. Perihal Surat
3. Eksemplar surat
4. Alamat surat
5. Isi surat
- Isi pembuka surat (diberu sapaan seperti "Dengan hormat"
- Alinea pembuka
- Alinea isi
- Alinea penutup
6. Pelamar (pembuat surat)

C. Pedoman penulisan surat lamaran pekerjaan
Dalam penulisan surat lamaran kerja dapat ditulis tangan oleh pelamar, dalam hal ini penulisan dapat dilakukan pada kertas folio bergaris, tetapi tidak boleh pada halaman yang bolak-balik. Selain itu penulisan surat lamaran bisa juga dilakukan dengan cara diketik dengan kualitas kertas yang baik (HVS minimal 60 gram) dengan cara baris 1,5 spasi.

Perlu diingat juga bahwa pada bagian tanda tangan surat lamaran sering kali suatu kantor, khususnya kantor pemerintah menghendaki perlunya dibubuhi materai.

D. Penggunaan bahasa dalam surat lamaran kerja
Penggunaan bahasa dalam penulisan surat lamaran pekerjaan harus mengikuti kaidah-kaidah seperti berikut, diantaranya adalah:

1. Jangan Terlalu bertele-tele
2. Bahasanya jangan sok gaul
3. Bahasanya jangan sok preman
4. Bahasa jangan sok akrab
5. Jangan terlalu banyak menggunakan singkatan
6. Jika tidak diminta, jangan menentukan gaji

Contoh Surat Lamaran Kerja

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja.docx - 17 KB

Sekian dulu kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar, dan semoga bermanfaat.
Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar
Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar - written by Pandu Group , published at 6:34:00 AM, categorized as Loker . And have 2 komentar
2 komentar Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Blog Mas Aan
Designed by A4n20 - Powered by Blogger
-->