Fitur Baru di BlackBerry 10

by Pandu Group , at 10:01:00 PM , have 1 comment
Fitur Baru di BlackBerry 10 - Telah masuk pre-order di sejumlah opsel rekanan BlackBerry di Inggris. Berbeda dari BlackBerry Z10 yang merupakan smartphone dengan fitur utama full-touchscreen, BlackBerry Q10 didesain sebagai smartphone touchscreen + dukungan QWERTY keyboard fisik. Karena perbedaan itulah BlackBerry OS 10.1 dirilis untuk memberikan tambahan support software bagi keyboard fisik dan ukuran screen yang berbeda.
13 Fitur dan Fungsi Baru di Update BlackBerry OS 10.1
Selain untuk mendukung keyboard dan screen di Q10, berikut detil dari fitur dan fungsi baru yang ditambahkan di BlackBerry OS 10.1:

1. Tipe N Go
Type N Go memanfaatkan fitur Universal Search (pencarian di storage lokal dan internet) dengan cara membuka akses langsung ke fungsi BlackBerry 10 menggunakan keyboard fisik. Sebagai contoh, saat Anda ingin melakukan akses cepat untuk mengirim BBM ke seorang teman, Anda cukup tekan tombol spasi di keyboard untuk membuka fungsi Search. Saat Search screen muncul, ketikkan BBM dan mana teman Anda maka panel BBM yang Anda inginkan segera muncul dan Anda bisa langsung tap untuk mulai menulis pesan BBM.

Anda bisa melakukan hal serupa untuk fungsi lain menggunakan format berikut:

- BBM a contact (bisa juga dengan hanya mengetikkan BM diikuti nama contact)
- BBM Videocall a contact
- Email a contact
- SMS/MMS a contact
- Call a contact
- Update Facebook status
- Update Twitter status
- Create a note
- Set alarm/timer
- Play music
- Map an address/place

2. Word Prediction
Word Prediction di BlackBerry Q10 serupa dengan yang telah ada di BlackBerry Z10. Bedanya, 3 prediksi kata tidak tampil di keyboard tetapi muncul di screen di atas keybaord fisik Q10. Anda bisa tap pada kata-kata tersebut sambil terus mengetik di keyboard.

3. Corporate Liable
Fitur Corporate Liable memberikan tambahan keamanan bagi pengguna korporasi dengan cara menyediakan sebuah ruang terpisah untuk urusan pekerjaan (akun Work) di BlackBerry 10 smartphone.

4. BlackBerry Balance
- Akun Pribadi (Personal) dan Pekerjaan (Work) kini terpisah di BlackBerry Hub
- Anda bisa mematikan akses ke akun Work menggunakan USB by IT Policy
- Sebuah IT Policy (rilis di waktu mendatang) membatasi sebuah aplikasi di akun Work sehingga tidak akan terbaca saat Anda beralih ke akun Personal

5. Cross Domain Email Warnings
Peringatan adanya domain email yang saling bertubrukan akan muncul saat Anda menulis sebuah pesan email yang Anda tujukan bagi nama contact yang berada di domain internet berbeda.

6. Keyboard and application shortcuts
Tabel di bawah ini menunjukkan shortcut dan fungsinya yang bisa Anda pakai di UI BlackBerry 10:
Keyboard and application shortcuts
7. Dark theme support
Tema dari BlackBerry yang mengusung warna gelap di BlackBerry 10 telah muncul dalam bocoran beberapa waktu lalu dan akan diberikan di BBQ10 via update BB OS 10.1. Dark Theme akan mengubah tampilan sejumlah aplikasi, diantaranya:
- Calendar
- Contacts
- BlackBerry Remember
- BBM
- Text message conversations
- Search
- Adobe Reader
- File Manager

8. Out-of-Box-Experience (OOBE) software updates
Configuration dan software updates kini bisa dijalankan di background, tidak seperti pada awal rilis BlackBerry OS 10 dengan configuration dan software updates ditampilkan di screen. Anda nantinya bisa melihat berbedaannya saat update software berlangsung.

9. Smartcard support
BlackBerry 10.1 akan memiliki dukungan BlackBerry Smart Card Reader 2.0. Versi sebelumnya tidak lagi bisa dipakai.

10. Mnemonic phone dialing
Di BlackBerry OS versi lama, user bisa melakukan panggilan telepon menggunakan nama atau nomor. Fungsi tersebut kini ditambahkan pada versi 10.1 Di Phone App, Anda bisa mengetikkan nama atau nomor telepon maka akan memunculkan nama contact yang Anda maksud. Tap untuk melakukan panggilan telepon.

11. Perubahan hardware support
Untuk saat ini BlackBerry 10.1 OS akan rilis bareng BlackBerry Q10 smartphone. Perubahan OS dengan BlackBerry Z10 dijelaskan sbb:

- BlackBerry Q10 menggunakan organic light-emitting diode (OLED) high-resolution display dengan resolusi 720x720 piksel. Sebuah OLED display bisa bekerja tanpa sebuah backlight sehingga level deep black bisa ditampilkan dan lebih tipis serta ringan dibanding LCD seperti yang dipakai di BlakcBerry Z10. Dalam kondisi low ambient light seperti dalam ruangan tanpa lampu, sebuah OLED screen bisa mencapai rasio kontras yang lebih tinggi dibanding LCD.

12. Aplikasi di BlackBerry Q10
Aplikasi yang ada di BlackBerry World terus dikembangkan sehingga bisa mendukung BlackBerry 10 smartphone. Tetapi tidak semua aplikasi bisa mengenali perbedaan screen antara BlackBerry Z10 dan Q10. Di sejumlah kasus, screen aplikasi akan terlihat molor atau sejumlah tombol akan terpotong atau bahkan hilang seluruhnya.

Menyadari hal itu maka BlackBerry bertugas sebagai penghubung antara konsumen dan developer aplikasi untuk mengevaluasi kemungkinan munculnya masalah pada aplikasi yang tidak kompatibel.

13. Perubahan konfigurasi dan kontrak dengan opsel
BlackBerry Z10 rilis dengan brand opsel pilihan konsumen, demikian halnya dengan setting konfigurasi dan SIM card locking yang dipasang saat install OS sebelum BBZ10 sampai ke tangan pembeli. Aplikasi dari opsel ditransfer via wireless network.

Hal serupa tidak terjadi di BlackBerry Q10 karena semua data untuk branding, setting konfigurasi dan SIM card locking akan diberikan melalui download software update, dijalankan di background selama OOBE. Namun untuk aplikasi opsel msaih ditransfer via wireless network.

Namun perlu dicatat bahwa tidak semua service provider mengijinkan konfigurasi via wireless network. Anda akan diminta konfirmasi jika muncul masalah konfigurasi di BlackBerry 10 smartphone.

Itulah 13 fitur dan fungsi serta perubahan yang dibawa update BlackBerry OS 10.1. Perubahan dan fitur tersebut diberikan untuk menambah support pada BlackBerry Q10 mengingat hardware yang berbeda dari Z10, terutama karena adanya dukungan QWERTY keyboard fisik yang tidak ditemukan di Z10. (gopego)

Sekia dulu informasi gadget mengenai perkembangan Fitur dan Fungsi Baru di BlackBerry 10.
Fitur Baru di BlackBerry 10
Fitur Baru di BlackBerry 10 - written by Pandu Group , published at 10:01:00 PM, categorized as Berita , Gadget . And have 1 comment
1 comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Blog Mas Aan
Designed by A4n20 - Powered by Blogger
-->