Tutorial blog

by Blog aan , at 5:58:00 PM , have 0 komentar
*) hari pertama


Jika dulu kita hanya mengenal kegiatan browsing , mailing, dan chatting , maka generasi ini kita akan mengenal dan mampu membuat blog.Blog merupakan media serta kegiatan terbaru dari internet di mana para pengguna dapat berbagai hal apa pun terkait dengan seluruh aktivitas kita para blogger’s dengan wadah halaman internet yang mudah tanpa di pungut biaya.

Selain tempat menyalurkan semua ide dari pembuat blog, blog juga bisa digunakan sebagai jalur pertemanan atau social network, karena di dalam kegiatannya memungkinkan sesama blogger beriteraksi , baik sesama domain maupun lintas blog yang lain sehingga terbentuknya dunia jejaring massal di dunia maya.

1.1 Pengertian Webblog.
Web (http://id.wikipedia.org/wiki/Web )adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. JJJ sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya.
Hiperteks dilihat dengan sebuah program bernama penjelajah web yang mengambil informasi (disebut "dokumen" atau "halaman web") dari peladen web (server web) dan menampilkannya, bisaanya di sebuah tampilan komputer. Kita lalu dapat mengikuti pranala di setiap halaman untuk pindah ke dokumen lain atau bahkan mengirim informasi kembali kepada peladen untuk berinteraksi dengannya. Ini disebut "surfing" atau "berselancar" dalam bahasa Indonesia. Halaman web bisaanya diatur dalam koleksi material yang berkaitan yang disebut "situs web".



WebBlog ( http://id.wikipedia.org/wiki/Web_blog ) merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini bisaanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

1.2 Sejarah Blog.
(http://id.wikipedia.org/wiki/Web_blog )Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog. Dalam era blogger tentu sudah dengar dengan komunitas blogger . Komunitas Blogger (http://id.wikipedia.org/wiki/Web_blog ) adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut bisaanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.
Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, bisaanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.
Beberapa jenis komunitas blogger adalah Komunitas Blogger Daerah, yaitu Komunitas Blogger berdasarkan kedaerahan atau wilayah tertentu, Komunitas Blogger Non-Daerah, yang bisaanya terbentuk karena kesamaan hobi atau yang lainnya, dan Komunitas Blogger Kampus. Dalam perkembangannya sendiri blogger dapat di manfaatkan selain sebagai media aktivitas sehari-hari atau Diary banyak para blogger menggunakan blog sebagai media edukasi, promosi , hoby,dll tergantung dari keningina si pembuat blog itu sendiri.

to be continueee............

Tutorial blog
Tutorial blog - written by Blog aan , published at 5:58:00 PM . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Blog Mas Aan
Designed by A4n20 - Powered by Blogger
-->