TEXTAREA DENGAN ATRIBUT READONLY

by Blog aan , at 6:02:00 PM , have 0 komentar
Lanjutan Tentang Textarea : Textarea biasanya digunakan oleh para blogger sebagai sarana bertukar link antar sesama blogger seperti telah Tips Trik Blog posting di sini Teks atau kode yang tampil pada textarea yang kemarin adalah bersifat editable (bisa dihapus atau diubah). Oleh karena itu, jika tidak hati-hati, seseorang yang mencoba untuk mengcopy pastenya, bisa saja kode link-nya terhapus/berubah sebagian sehingga hal ini akan menyebabkan kode yang terpasang menjadi tidak/kurang lengkap sehingga yang terjadi adalah link kita tersebut tidak dapat tampil pada blog tersebut.
Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, kita dapat menambahkan atribut readonly pada textarea tersebut. Dengan atribut tersebut, seseorang hanya dapat memview dan tidak dapat melakukan perubahan/pengeditan.

Formatnya adalah seperti di bawah ini.

<textarea rows="5" cols="40" name="Famous Quotes" readonly="readonly">
TEXT
</textarea>

Aplikasinya seperti di bawah ini.

<textarea rows="5" cols="40" name="Famous Quotes" readonly="readonly">
Ini contoh teks atau kode yang ingin ditampilkan pada textarea. Ini contoh teks atau kode yang ingin ditampilkan pada textarea. Ini contoh teks atau kode yang ingin ditampilkan pada textarea.
</textarea>

Hasil atau tampilannya seperti di bawah ini.



Teks atau kode yang tampil pada textarea di atas bersifat read only. Teks tersebut dapat dicopy paste namun tidak dapat dihapus atau diubah seperti pada textarea sebelumnya. Dengan demikian kita tidak perlu kuatir lagi para pemasang kode link (dari blog kita) melakukan kesalahan pada saat copy paste kode link tersebut.

Dari kedua contoh di atas, kita dapat menemukan perbedaan masing-masing textarea tersebut. Pada contoh yang pertama, user (pengunjung) dapat memasukkan/memodifikasi teks (tulisan) sedangkan pada contoh yang kedua, user tidak dapat melakukannya. Demikian, semoga bermanfaat.

Aplikasi textarea untuk sarana "tukar link" dapat dilihat di sini

TEXTAREA DENGAN ATRIBUT READONLY
TEXTAREA DENGAN ATRIBUT READONLY - written by Blog aan , published at 6:02:00 PM, categorized as Blogger , Tips , Trik . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Blog Mas Aan
Designed by A4n20 - Powered by Blogger
-->