File [exe] terinfeksi virus, bisakah diselamatkan ?

by Muhammad Aan , at Wednesday, March 04, 2009 , have 2 comments
Bagi yang pernah / sering menggunakan anti-virus, pasti tidak asing lagi dengan istilah-istilah seperti heal, quarantine, move to virus vault, dan sebagainya. Ketika kita sedang scan file/folder, kemudian ditemukan virus/file yang terinfeksi, biasanya akan muncul konfirmasi file tersebut mau diapakan, atau juga mungkin secara otomatis file tersebut akan dihapus atau masuk karantina, tergantung jenis anti-virus dan pengaturannya wah virus emang bikin ruet kepala aja :#

Bagi kebanyakan orang mungkin ketika terdeteksi sebagai virus akan langsung memilih hapus untuk keamanan. Jika data-data yang terkena virus tidak begitu penting, mungkin tidak menjadi masalah. Tetapi jika merupakan data penting, maka sebaiknya atur agar jangan langsung dihapus, bisa di move to quarantine atau move to virus vault, sesuai dengan anti virus yang digunakan. Apakah data masih bisa diselamatkan? Bisa Iya bisa Tidak.


Jika file atau data kita terinfeksi oleh virus lama, kemungkinan masih bisa diselamatkan. Bagaimana langkah-langkahnya ?

1. Sebelumnya, jika data kita cukup penting dan terdeteksi sebagai virus jangan dihapus, tetapi pilih move to vault atau masukkan ke karantina ( move to quarantine ), agar nantinya bisa di buka lagi. Jika antivirus langsung menghapus, atur kembali di bagian setting-nya.
2. Catat nama/jenis virus yang terdeteki menginfeksi file. Biasanya antivirus mengetahui virus yang menginfeksi. Perlu diingat bahwa setiap anti virus sering memberikan nama tersendiri dengan virus yang ditemukannya. Jadi satu virus bisa memiliki nama hampir sebanyak anti virus yang ada.
3. Cari informasi tentang nama virus di Internet, gunakan google. Atau bisa juga ketika kita online menggunakan fasilitas informasi bawaan anti virus yang ada, sehingga lebih akurat.
4. Temukan karakteristik virus tersebut dan cara mengatasinya.



Virus List

Keterangan mengenai daftar nama virus dan sifat-sifatnya bisa didapatkan di beberapa vendor anti-virus, antara lain :
* McAfee Virus Informatin, lihatdisini
* VirusList by Kaspersky lab, lihatdisini
* Trend Micro Security Information,disini
* ClamAV Virus Database Search,disini

sebelum Melanjutkan anda harus di bca di atas

Virus Removal

Virus Removal

Virus Removal merupakan tool atau aplikasi khusus yang dibuat untuk melumpuhkan, memperbaiki atau untuk menangani virus-virus tertentu. Biasanya para pembuat anti-virus juga membuat berbagai virus removal untuk tipe-tipe virus tertentu. Hampir semua virus removal ini dapat di download secara gratis. Berikut daftar alamat bebrapa anti-virus yang menyediakan removal :

* Virus Removal from AVG <<>>
* McAfee Avert Stinger <<>>
* F-Secure Free Virus Removal Tools <<>>
* BitDefender Removal tools <<>>
* Kaspersky Removal Tools <<>>
* McAfee Virus Removal Tools <<>>
* Avast Virus Cleaner <<>>
* Symantec Spyware & Virus Removal Tools <<>>
* MicrosoftĂ‚® WindowsĂ‚® Malicious Software Removal Tool <<>>
* Norman Malware Cleaner <<>>
* Repair utilities dari Panda Security <<>>


NB"

Perlu diingat bahwa tidak semua tools diatas berfungsi untuk menyelamatkan data yang terinfeksi, sebagian merupakan tools untuk mendeteksi dan menghapus virus tertentu. Karena mungkin memang data yang terinfeksi tidak bisa dikembalikan lagi. Pastikan selalu membaca keterangan yang disertakan.

Semoga Infonya Bermanfaat



Muhammad Aan
File [exe] terinfeksi virus, bisakah diselamatkan ? - written by Muhammad Aan , published at Wednesday, March 04, 2009 . And have 2 comments
2 comments Add a comment
icang69
Repot amat mas. coba pake cara ini.
http://icang69.blogspot.com/2009/05/menyelamatkan-file-yang-terinfeksi.html
Reply Delete
redvikers
wah file-file exe saya banyak yang terinfeksi sality sama alman itu bahaya ga ya?
biasanya kalo ke detect sama smad*v saya ignore saja, takut hilang filenya....
Reply Delete
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Blog Mas Aan by
Designed by Damzaky - Powered by Blogger