Google Chrome, Browser Baru dari Google

by Blog aan , at 1:54:00 PM , have 1 comment

Mencoba Fasilitas Browser Google Chrome : Akhirnya dominasi Google di dunia internet merambah juga pada browser dengan mereleaseGoogle Chromenya pada tanggal 1 September 2008 lalu.Browser ini (setidaknya menurut klaim pihak Google) adalah browser yang menggabungkan desain minimal dengan teknologi canggih agar Web dapat diakses dengan lebih cepat, aman, dan mudah. Jika benar, Firefox yang selama ini “digandrungi” oleh peselancar internet karena ringan namun juga aman, akan mendapat saingan baru.

Apa sih fasilitas dan kemudahan yang ada pada Google Chrome ini?

Pencarian dari baris alamat

Anda dapat memfungsikan address bar (baris alamat) sebagaisearch box. Dengan mengetikkan kata kunci pada baris alamat, Anda akan langsung dibawa kepada default search engine, yaitu Google Search.

Gambar kecil untuk situs-situs top Anda

Anda dapat mengakses halaman favorit Anda dengan cepat dari tab baru yang mana saja. Fasilitas serupa dengan yang dimilikiOpera 9.5 ini akan membantu Anda untuk mempermudah dan mempercepat akses halaman favorit Anda.

Penelusuran pribadi dan aman

Dengan fasilitas ini, karena alasan privasi atau keamanan, Anda tidak perlu kuatir riwayat browsing Anda diketahui oleh rekan atau anak Anda yang mungkin sering menggunakan komputer Anda dengan cara membuka jendela penyamaran. Selain itu,Google Chrome akan memberikan peringatan bila Anda mengunjungi situs Web phishing, malware, atau yang dianggap tidak aman.

Cara pintas (shortcut) aplikasi

Anda dapat menggunakan aplikasi Web tanpa harus membuka browser. Dengan fasilitas ini, Anda dapat membuka aplikasi online favorit Anda, misalnya layanan email dan aplikasi online lainnya secara cepat dan praktis. Fasilitas ini belum ditemukan pada browser lainnya.

Default Plugin Yang Lengkap

Meskipun belum menyediakan fasilitas instalasi plugin tambahan, ternyata default instalasi Chrome telah membawa banyak sekali plugin, antara lain, sebagai berikut :

  • ActiveX Plugin, untuk mensupport ActiveX control (video, audio, dsb)
  • Google Gears
  • Adobe Shockwave (Plugin untuk menjalankan file shockwave)
  • BitTorrent
  • Microsoft Office 2007 system
  • Microsoft Office 2003
  • Adobe Acrobat plugin (membaca file PDF, FDF, XFDF, XDP dan XFD)
  • RealPlayer G2 LiveConnect (32bit)
  • QuickTime plugin (membaca file SDP, RTSP, RTS, MOV, QT, MQV, FLC, FLI, CEL, WAV, BWF, AIFF, AIF, AIFC, CDDA, AU, SND, ULW, MID, MIDI, SMF, KAR, QCP, GSM AUDIO, AMR, CAF, 3GP, 3GP2, SDV, AMC, M4P, PNTG, PNT, MAC, PICT, PIC, PCT, QTIF, QTI, SGI, RGB, TARGA, TGA dan JP2)
  • Shockwave Flash (plugin untuk memainkan file flash SWF dan SPL)
  • Google Update
  • Yahoo Application State Plugin
  • Microsoft DRM (plugin network interface)

Kemudahan Update

Pada halaman depan Google search telah menampilkan link menuju Google Chrome sehingga menjadikan update lebih praktis.

Fasilitas Zoom

Walaupun Google Chrome saat ini hanya bisa melakukan zoom pada teks saja, namun prosesnya zoom in/outnya lebih cepat setidaknya jika dibandingkan dengan Firefox.

Fasilitas lainnya yang merupakan standard browser saat ini adalahtab browsing, fasilitas bookmark, dan masih banyak fasilitas dan kemudahan yang dapat Anda peroleh dengan browser milik Google ini.

Untuk membuktikannya, silakan download file installernya di sini. Kemudian Anda harus melakukan installasi secara online.

Baca juga yang ini.

  1. Avant Browser, si penjelajah internet yang ringan
  2. Mencoba Sea Monkey, Browser sepupu Firefox
  3. Proteksi Folder dengan Folder Security
  4. Tips Menyembunyikan Folder
  5. Tips Mendulang Rupiah dari Kumpulblogger.com
Google Chrome, Browser Baru dari Google
Google Chrome, Browser Baru dari Google - written by Blog aan , published at 1:54:00 PM . And have 1 comment
1 comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Blog Mas Aan
Designed by A4n20 - Powered by Blogger
-->